-->
Minggu, 10 September 2017

Jurnal Harian Guru

Sebagaimana yang kita ketahui bahwasanya jurnal harian guru adalah salah satu perangkat pembelajaran yang harus disiapkan oleh setiap guru. Jurnal harian guru digunakan untuk mencatat laporan pelaksanaan pembelajaran setiap harinya.

Kepemilikan jurnal harian guru adalah salah satu indikator dari seorang guru profesional, yaitu mengembangkan keprofesian melalui tindakan reflektif. Jurnal harian guru merupakan salah satu bukti  yang menggambarkan kinerja seorang guru.

Sejalan dengan penjelasan sebagaimana dimaksud diatas, jurnal harian guru tentunya mempunyai peranan yang sangat penting untuk membantu menentukan keberhasilan para guru dalam proses belajar mengajar. Sebagai seorang guru yang profesional, tentunya perlu ditunjang dengan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum terbaru. Salah satunya adalah jurnal harian guru, yang mana jurnal harian guru dimaksud dapat dipergunakan untuk mencatat laporan pelaksanaan kegiatan pembelajaran.

Selain jurnal harian guru, sebenarnya masih banyak perangkat pembelajaran yang harus dimiliki oleh guru. Seperti Program tahunan (prota), Program semester (prosem), absensi dan penilaian, silabus, rancangan penilaian dan banyak lagi. Jurnal harian guru diprediksi dapat memberikan kontribusi positif dalam pengembangan disiplin akademik di bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Pentingnya jurnal harian guru sudah disadarai oleh perguruan tinggi. Hanya saja, masalah-masalah klasik yang dihadapi seperti pendanaan, pengelolaan serta sustainibilitasnya. Pengelolaan atau penggunaan jurnal harian guru pada pendidikan dasar menghadapi problematika tersendiri. Akan tetapi, jika diberdayakan dan dimanfaatkan dengan baik niscaya akan memberikan hasil yang luar biasa terutama dalam pembiasaan menulis secara efektif. Guru-guru disekolah dasar dan sekolah menengah pertama harus berpengalaman dalam menggunakan jurnal harian guru sebagai sarana dalam penyampaian materi kepada peserta didik.

Jurnal harian guru menjadi penting dalam sudut pandang seperti tersebut diatas, maka semboyan ilmuan-ilmuan diharapkan dapat dijadikan pemicu agar para tenaga pendidik memiliki kesadaran untuk menulis. Penggunaan jurnal harian guru diharapkan tidak bisa lepas dari membangun budaya, kebiasaan-kebiasaan menulis untuk mengisi secara terus menerus khazanah keilmuan dalam bidang pembelajaran.

Pada kesempatan kali ini kami ini berbagi informasi tentang jurnal harian guru yang diharapkan bisa membantu tugas para guru dalam proses penyusunan perangkat pembelajaran. Untuk informasi lebih lengkap dan jelas tentang jurnal harian guru ini, silahkan unduh file nya pada link download yang sudah kami sediakan berikut ini.
Jurnal Harian Guru

Demikian penjelasan tentang jurnal harian guru ini kami sampaikan, semoga informasi yang kami bagikan bisa bermanfaat dan sekaligus bisa dijadikan referensi oleh para guru dalam proses penyusunan perangkat pembelajaran, khususnya jurnal harian guru. Terima kasih telah berkunjung.
Jurnal Harian Guru Rating: 9 dari 10
IBX5B626081D33B5
Memuat...