-->
Senin, 02 Oktober 2017

RPP Kurikulum 2013 SMP PPKN Kelas IX

Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi tentang RPP Kurikulum 2013 SMP PPKn kelas IX yang mana dengan RPP Kurikulum 2013 SMP PPKn kelas IX ini guru akan dituntut untuk lebih berpikir kreatif tinggi dalam penyusunannya.

Dalam pembuatan RPP kurikulum 2013 SMP PPKn kelas IX yang disusun oleh tenaga pengajar kini diwajibkan untuk memunculkan serta menginsert 4 aspek penting yaitu PPK, Literasi, 4C dan HOTS. Pengembangan RPP dilakukan sebelum semester atau tahun pelajaran dimulai, namun perlu diperbaharui sebelum pembelajaran dilaksanakan.

Pengembangan RPP Kurikulum 2013 SMP PPKN Kelas IX dapat dilakukan oleh guru secara mandiri dan atau berkelompok sekolah/madrasyah dikoordinasi, difasilitasi dan disupervisi oleh kepala sekolah. Pengembangan RPP kurikulum 2013 juga dapat dilakukan oleh guru secara berkelompok antar sekolah atau antar wilayah dikoordinasi, difasilitasi dan disupervisi oleh dinas pendidikan atau kantor kementrian Agama setempat.

RPP Kurikulum 2013 SMP PPKn Kelas IX memuat beberapa komponen penting yang tentunya harus diperhatikan oleh para tenaga pendidik. Berikut adalah komponen RPP Kurikulum 2013 SMP PPKn Kelas IX:

  1. Identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
  2. Identitas mata pelajaran atau tema/subtema;
  3. Kelas/Semester
  4. Materi pokok;
  5. Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
  6. Tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan;
  7. Kompetensi Dasar dan indikator pencapaian kompetensi;
  8. Materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi;
  9. Metode pembelajaran digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai;
  10. Media pembelajaran berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pembelajaran;
  11. Sumber belajardapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar atau sumber belajar lain yang relevan;
  12. Langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti dan penutup;
  13. Penilaian hasil pembelajaran.
Untuk informasi lebih lengkap tentang RPP Kurikulum 2013 SMP PPKN kelas IX, silahkan download selengkapnya pada link dwnload yang telah kami sediakan sebagaimana berikut:
RPP Kurikulum 2013 SMP PPKN Kelas IX


Demikian pembahasan tentang RPP Kurikulum 2013 SMP PPKn keelas IX ini kami sampaikan, semoga informasi yang kami sajikan bisa bermanfaat untuk selanjutnya dijadikan sebagai bahan referensi rekan-rekan guru sekalian dalam proses penyusunan perangkat pembelajaran. Terima kasih telah berkunjung.
RPP Kurikulum 2013 SMP PPKN Kelas IX Rating: 9 dari 10
IBX5B626081D33B5
Memuat...