-->
Rabu, 22 November 2017

Jurnal Guru

Salah satu perangkat pendukung yang sering digunakan oleh tenaga pengajar dalam proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan basis kurikulum 2013 yaitu jurnal guru. Jurnal ini berisi kompetensi inti, pembelajaran, indikator, materi dan penilaian yang dilaksanakan secara harian.

Jurnal Guru bisa dijadikan sebagai indikator keberhasilan proses pembelajaran dan termasuk kedalam sebuah program bermutu yang diarahkan kepada peningkatan hasil belajar peserta didik. Jurnal Guru atau juga sering disebut dengan dokumen yang secaa terus menerus bertambah dan berkembang, sebagai rekaman terhadap perkembangan materi yang sedang dipelajari.

Bahan Belajar Mandiri (BBM) yang disiapkan bagi guru di KKG dan MGMP belum ada tentang jurnal guru atau jurnal belajar. Padahal jurnal guru sangat bermanfaat untuk merefleksikan hasil belajar, menyusun suatu alur pikir secara tertulis, yang bagi guru dapat menjadi acuan dalam menilai berhasil tidaknya peserta didik dalam mempelajari materi yang disampaikan.

Jurnal Guru diprediksi akan mampu memberikan kontribusi positif dalam pengembangan disiplin akademik di bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Pentingnya jurnal guru sudah diyakini oleh perguruan tinggi, hanya saja, masalah-masalah klasik yang sering dihadapi seperti pendanaan, pengelolaan serta sustainibilitasnya.

Pengelolaan atau penggunaan jurnal guru jika diberdayakan dan dimanfaatkan dengan baik niscaya akan memberikan hasil yang luar biasa terutama dalam pembiasaan menulis secara efektif. Jurnal guru akan semakin sangat penting dalam sudut pandang seperti tersebut diatas, dan sangat diharapkan dapat dijadikan pemicu untuk peserta didik supaya memiliki kesadaran untuk menulis. Penggunaan jurnal guru diharapkan tidak lepas dari membangun budaya, kebiasaan-kebiasaan menulis secara terus menerus untuk mengisi khazanah keilmuan dalam bidang pembelajaran atau pendidikan.

Bagi tenaga pendidik dan peserta didiknya, yang memiliki kecintaan dan kebiasaan menulis atau membaca, mereka tidak mungkin akan teus menerus dapat menulis tanpa membaca dan tanpa didukung dengan sarana prasarana atau wadah yang tepat. Paling tidak kepala sekolah dan pengawas sekolah menghargai karya tulis ilmiah, artikel atau buku yang mereka hasilkan. Untuk menggunakan jurnal guru dibutuhkan keberanian, untuk memulai mendorong guru diperlukan inisiatif kepala sekolah atau pengawas sekolah. Kebersamaan diantara pendidik dan tenaga kependidikan yang menjadi anggota kelompok kerja masing-masing merupakan modal utama dan kunci untuk menerbitkan jurnal guru.

Berikut ini adalah contoh jurnal guru yang kami sajikan dengan harapan semoga bisa membantu meringankan tugas para tenaga pengajar dalam proses pembuatan atau penyusunan jurnal guru. Silahkan download informasi selengkapnya tentang jurnal guru pada link download yang kami sediakan berikut ini.
Jurnal Guru

Demikian pembahasan tentang jurnal guru ini kami sampaikan, semoga informasi yang kami sajikan bisa bemanfaat untuk selanjutnya bisa dijadikan sebagai bahan referensi dalam pembuatan jurnal guru. Terima kasih telah berkunjung.
Jurnal Guru Rating: 9 dari 10
IBX5B626081D33B5
Memuat...