-->
Selasa, 24 Oktober 2017

RPP Teknik Dasar Otomotif SMK Kurikulum 2013

Dalam melaksanakan pembelajaran kurikulum 2013, tenaga pengajar dituntut untuk bisa memberikan pelajaran secara optimal yang berdaya guna dan berhasil guna, yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan efisien. Untuk itu pertama-tama guru harus membuat perencanaan pembelajaran dimana perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk silabus dan RPP yang mengacu pada standar isi.

RPP dalam kerangka dasar dalam melaksanakan kegiatan proses belajar mengajar agar peserta didik dapat mencapai tujuan pembelajaran secara optimal. Keberhasilan penerapan suatu kurikulum tentunya tidak akan berhasil dengan sempurna meskipun desain kurikulum tersebut sudah dianggap baik, tanpa dibarengi dengan kemampuan seorang guru dalam menerapkan kurikulum dalam pembelajaran. Hal ini disebabkan oleh guru yang notabene mempunyai posisi sebagai pelaksana kurikulum yang berkaitan dengan subjek dari kurikulum tersebut yaitu para peserta didik.

Pada kesempatan kali ini kami akan brbagi informasi tentang RPP teknik dasar otomotif SMK Kurikulum 2013 hasil revisi 2017 yang mana RPP ini sudah disesuaikan dengan peraturan pemerintah terbaru. Pembuatan RPP teknik dasar otomotif SMK Kurikulum 2013 ini merujuk kepada peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 22-24 tahun 2016 dan telah direvisi tahun 2017, dimana kurikulum 2013 revisi 2017 harus memuat pendidikan penguatan karakter pada saat kegiatan belajar mengajar maupun dalam penyusunan RPP itu sendiri.

Dalam RPP teknik dasar otomotif SMK Kurikulum 2013 ini terdapat beberapa instrumen penting dan tentunya harus diterapkan dalam kurikulum 2013 revisi 2017. Instrumen tersebut meliputi Pengatan pendidikan berkarakter, Literasi yang terintegrasi, 4C yang terintegrasi dan HOTS yang trintegrasi. Sedangkan untuk materi yang akan dipelajari atau yang terdapat dalam RPP teknik dasar otomotif SMK Kurikulum 2013 ini yaitu:

  1. Prinsip keselamatan dan kesehatan kerja (K3);
  2. Alat Pemadam Api Ringan (APAR);
  3. Prinsip-prinsip pengendalian kontaminasi;
  4. Proses mesin konversi energi;
  5. Klasifikasi engine;
  6. cara kerja engine 2 dan 4 langkah;
  7. Proses dasar pembentukan logam;
  8. Service Literatre Utilize;
  9. System Hidraulik;
  10. Rangkaian kelistrikan Sederhana;
  11. dasar-dasar elektronika sederahana;
  12. Rangkaian control sederhana;
  13. Dasar-dasar sensor;
  14. Kerja baterai.
Untuk informasi lebih lengkap tentang RPP teknik dasar otomotif SMK kurikulum 2013, silahkan download selengkapnya pada link download yang sudah kami sediakan berikut ini.
RPP Teknik Dasar Otomotif SMK Kurikulum 2013

Demikian pembahasan tentang RPP Teknik Dasar Otomotif SMK Kurikulum 2013 ini kami sampaikan, semoga informasi yang kami sajikan bisa bermanfaat dan dijadikan sebagai bahan referensi dalam penyusunan perangkat pembelajaran rekan-rekan guru sekalian, dan terima kasih atas kunjungannya.
RPP Teknik Dasar Otomotif SMK Kurikulum 2013 Rating: 9 dari 10
IBX5B626081D33B5
Memuat...